Potensi Sarana dan Prasarana

0
151

Prasarana dan Sarana Transportasi

             Aksebilitas menjadi sangat penting untuk dikembangkan dalam mendukung upaya percepatan pembangunan suatu wilayah. Disuatu desa Prasarana dan sarana terkait kebutuhan transportasi menjadi suatu kebutuhan yang tidak kalah penting terutama dalam hal percepatan pembangunan desa. Di Desa Dungaliyo sarana dan prasarana transportasi darat tergolong baik, hal ini ditandai dengan adanya jalan yang menopang kegiatan masyarakat. Material dasar jalan yang digunakan di Desa Dungaliyo berupa aspal, bantuan hingga jalan tanah.

Prasarana Komunikasi dan Informasi

             Prasarana Komunikasi dan informasi yang terdapat di Desa Dungaliyo terbilang cukup baik,mulai dari media cetak konvensional hingga media elektronik digital. Hampir seluruh rumah tangga ditiap Pedukuhan memiliki akses langsung terhadap media elektronik baik berupa televise, radio, hingga media telepon genggam, serta turut didukung oleh jaringan tetlekomunikasi yang memadai. Media informasi cetak konvensional juga dapat diakses mudah oleh masyarakat Desa Dungaliyo, baik diakses secara perorangan melalui penjual Koran atau majalah, maupun melalui papan informasi yang terdapat dibeberapa lokasi dimasing-masing Pedukuhan.

Prasarana dan Sarana Pemerintahan dan Lembaga Kemasyarakatan

             Desa Dungaliyo tentu memiliki prasarana dan sarana pemerintahan serta lembaga kemasyarakatan. Seluruh sarana berupa bangunan yang tersedia berada dalam kondisi baik dan pihak desa terus melakukan pengembangan dengan penambahan fasilitas penunjang kegiatan dari tiap aktivitas pemerintah maupun lembaga kemasyarakatan di Desa Dungaliyo dapat diamati langsung pada lampiran.

Prasarana dan Sarana Umum (Peribadatan, Olahraga, Kesehatan dan Pendidikan)

            Guna mendukung roda aktivitas di dalam lingkup Desa Dungaliyo, dibutuhkan prasarana dan sarana umum yang tentu mendukung secara langsung. Prasarana dan sarana umum yang terdapat di Desa Dungaliyo dikelompokkan menjadi Sarana Pendidikan, Sarana Ibadah, Sarana Olahraga, serta Sarana berupa Balai Pertemuan Umum. Ditinjau berdasarkan kondisi fisik dari tiap fasilitas umum tersebut,diketahui kondisinya baik dan aktif dipergunakan untuk kebutuhan  terkait.

Prasarana Energi dan Penerangan

             Prasarana penerangan di Desa Dungaliyo trebagi atas lampu jalan standar serta penerangan konvensional dari rumah warga. Hampir seluruh luasan Desa Dungaliyo memiliki prasarana penerangan, kecuali pada wilayah lahan pertanian, kebun, tegalan, serta perbukitan terjal. Selain prasarana penerangan, Desa Dungaliyo juga telah menggunakan energy listrik disetiap rumah untuk kebutuhan peralatan elektronik. Energi listrik di Desa Dungaliyo berasal dari jaringan distribusi listrik yang dikelola langsung oleh Perusahan Listrik Negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here