Penerapan Pembelajaran Melalui Media Online Ditengah Pandemi Covid-19

0
449

Penulis : Melki Kolonta
Mahasiswa Manejemen Pendidikan UNG

Persebaran virus corona yang mewabah di berbagai Negara,memaksa kita untuk melihat perubahan dibidang pendidikan di tengah kriris akibat covid-19.perubahan itu mengharuskan kita untuk bersiap diri,merespon dengan sikap dan tindakan sekaligus belajar hal-hal baru.
Semua Negara terdampak telah berupaya membuat kebijakan terbaiknya dalam menjaga kelanggengan layanan pendidikan. Pemberlakuan kebijakan physical distancing yang kemudian menjadi dasar pelaksannan belajar dari rumah,dengan memanfaatkan teknologi informasi. Hal ini menjadi budaya baru dikalangan pelajar ketika pandemi covid 19. Pembelajaran teknologi informasi memang sudah lama diberlakukan dalam beberapa tahun terakhir dalam sistem pendidikan. Namun, pembelajaran daring yang berlangsung sebagai kejuatan dari pademi covid-19.
Akan tetapi banyak peserta didik yang mengeluh bahwa pembelajaran secara online dinilai kurang efektif karena para peserta didik dituntut belajar secara otodidak (sendiri),banyak peserta didik kurang memahami penjelasan dikarenakan terkendala oleh jaringan web serta teknologi yang kurang memadai.
Dari berbagai keluhan tersebut dapat menjadi tantangan bagi para tenaga pendidik,bagaimana cara mereka tetap memberikan motivasi kepada peserta didik dalam melakukan pembelajaran online ini.disini tenaga pendidik harus menginovasi peserta didik dengan penjelasan materi dan tugas yang berbeda dengan metode belajar yang menarik.
Dengan pembelajaran online ini tenaga pendidik tetap memberikan penjelasan kepada peserta didik ,dan tidak hanya memberikan tugas tanpa ada penjelasan sebelumnya.banyak dijumpai bahwa saat ini tenaga pendidik hanya memberikan tugas saja,hal tersebut membuat semangat belajar peserta didik menurun,karena merasa terbebani oleh tugas yang menumpuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here