Apa manfaat Sensus Penduduk? Sebegitu pentingkah?

0
715
Gambar saat macetnya Pasar Bongomeme

Sensus penduduk sangat penting dilakukan untuk:

Menghitung jumlah penduduk
Mengetahui persebaran penduduk
Mengumpulkan data kependudukan
Mengumpulkan informasi kependudukan untuk digunakan dalam pembangunan
Pembahasan:  

Sensus penduduk adalah kegiatan perhitungan penduduk pada suatu negara. Di Indonesia, sensus penduduk dilakukan oleh Biro Pusat Statistik (BPS), setiap sepuluh tahun sekali. Sensus terakhir dilakukan pada tahun 2010 dan akan dilakukan pada tahun 2020.

Sensus memberi manfaat besar yaitu untuk:

1. Menghitung jumlah penduduk

Sensus bertujuan utama menghitung berapa jumlah penduduk pada suatu negara. Berdasarkan hasil sensus tahun 2010, Indonesia diketahui memiliki penduduk sejumlah 237.641.334 jiwa, ini adalah kenaikan cukup besar bila dibandingkan jumlah penduduk tahun 2000, yakni 206.264.595 jiwa.

2. Mengetahui persebaran penduduk

Sensus akan mencatat jumlah penduduk di wilayah administrasi di Indonesia, setiap kabupaten, kota dan provinsi. Dengan ini bisa diketahui persebaran dan penduduk di setiap wilayah Indonesia.

3. Mengumpulkan data kependudukan

Selain persebaran penduduk dan jumlah penduduk, sensus juga mencatat data kependudukan seperti suku bangsa, usia, jenis kelamin dan pekerjaan penduduk di Indonesia.  

4. Mengumpulkan informasi kependudukan untuk digunakan dalam pembangunan

Data yang dikumpulkan oleh sensus ini akan digunakan untuk merencanakan pembangunan oleh pemerintah. Misalnya merencanakan pembangunan jalan di wilayah yang padat penduduk untuk mengurangi kemacetan.  

Sumber : Brainly.co.id –

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here