Analisis Profil Desa

0
329

Potensi Desa Dungaliyo

             Potensi desa adalah segenap sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki desa sebagai modal dasar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa. Potensi yangdimiliki oleh Desa Dungaliyo ada pada sector pertanian, sector kelembagaan, serta sector geografis lokasi desa dibandingkan dengan desa terdekat.

Desa Dungaliyo memiliki jalan dengan berbagai kelas ditandai dengan mayoritas tutupan jalan berupa aspal serta disertai dengan keberadaan saluran drainase di tepian jalan. Keberadaan lahan milik desa yang relative luas dimanfaatkan untuk membuka peluang usaha baru, antara lain pengembangan sector perkebunan dan padang penggembalaan.

            Sektor pertanian Desa Dungaliyo juga dapat dikatakan unggul, mengingat luasan penggunan lahan sebagai lahan pertanian dan perkebunan yang terbilang tinggi. Luasan lahan sawah di Desa Dungalliyo dapat dikembangkan lebih jauh sehingga pada masa mendatang Desa Dungaliyo mampu menjadi Desa Mandiri Pangan, atau bahkan menjadi desa yang mampu menyuplai kebutuhan pangan desa-desa di sekitarnya.

Masih dalam aspek penggunaan lahan, Desa Dungaliyo selain memiliki potensi pertanian juga memiliki potensi pemanfaatan lahan lain, mengingat masih tersedianya lahan untuk peruntukan tertentu, seperti contohnya peruntukan padang gembala dan perkebunan.

            Di balik segala potensi fisik yang dimiliki oleh Desa Dungaliyo, juga terdapat potensi sumber daya manusia berupa dukungan pemerintah desa dan warga secara keseluruhan yang memiliki keinginan tersendiri terhadap pengembangan dan kesejahteraan Desa Dungaliyo.

Secara keseluruhan dari analisis terhadap potensi Desa Dungaliyo, dapat dikatakan bahwa Desa Dungaliyo memiliki Potensi Umum kategori lanjut dengan potensi pengembangan yang menjanjikan, serta tergolong sebagai desa dengan Tipologi ddesa Persawahan.

Tingkat Pengembangan Desa Dungaliyo

             Tingkat pengembangan di Desa Dungaliyo secara keseluruhan tergolong sebagai Desa Swakarya dengan kategori lanjut. Hal tersebut ditandai oleh kondisi dan aktivitas ekonomi, keberadaan sarana dan prasarana Kamtibnas dan Kesmas, perilaku kedaulatan politik yang aktif,keberadaan peran serta masyarakat dalam pembangunan secara menyeluruh, serta kinerja pemerintahan yang memadai di seluruh aspek terkait pengembangan potensi desa yang dimiliki.

            Pengembangan Desa Dungaliyo ke sector pertanian dianggap mampu memberikan dampak positif ke beberapa aspek di dalam cakupan Desa Dungaliyo dan wilayah di sekitarnya. Bukan hanya itu juga, sector-sektor lain juga penting untuk dikembangkan dan bisa membuat desa ini akan lebih berkembang lagi.

Secara keseluruhan desa ini sudah dalam tahap berkembang yang lebih baik lagi,akan tetapi perlu adanya peningkatan-peningkatan diberbagai sector. Dengan pengembangan desa berbagai macam sector, akan diperoleh pemasukan ekonomi yang signifikan, disertai tingginya tenaga kerja yang mampu di serap dari dalam maupun luar wilayah Desa Dungaliyo.

Kekurangan/Faktor Penghambat Desa Dungaliyo

            Faktorpenghambat bagi pengembangan Potensi Desa Dungaliyo terletak pada kualitas sumber daya manusia yang ada di desa ini. Jika dilihat dari tingkat pendidikan, rata-rata tingkat pendidikan masyarakat desa ini masih di bawah rata-rata. Kualitas sumber daya manusia sangat mempengaruhi perkembangan suatu daerah.

Hal ini akan berpengaruh juga pada aspek kelembangaan mengingat keberadaan sumber daya manusia yang bergerak dalam wadah suatu lembaga tentunya sangat menunjang perputaran roda pengembangan dan segala aktivitas di Desa Dungaliyo.

            Dari segi financial desa sudah cukup memadai dengan adanya anggaran desa yang dialokasikan untuk pengembangan desa namun hal ini perlu pemantapan kualitas sumber daya manusia agar pengelolaan keuangannya menjadi lebih baik lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here